Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan

Rincian Modal Usaha Laundry yang Wajib Anda Tahu
Selasa, 30 Maret 2021
Buka Usaha Laundry dengan Modal Pas-Pasan
Kamis, 1 April 2021

Tidak semua usaha laundry harus dijalankan dengan modal awal yang besar. Kita sebenarnya bisa meminimalkan modal usaha dengan cara menjalankan usaha laundry rumahan. Meski masih banyak yang meragukan dengan usaha ini, tapi sebenarnya potensi penghasilannya pun cukup lumayan.

Contoh nyata bisa kita temukan di area perumahan. Seringkali ada salah satu tetangga atau warga penghuni perumahan tersebut yang membuka usaha laundry rumahan.

Ya, karena mereka mampu membaca peluang itu. Ada beberapa orang yang kadang malas mencuci atau malas menyetrika, padahal di rumah sendiri punya mesin cuci. Sering kali masalahnya karena mereka tidak punya cukup waktu untuk urusan cuci baju. Sehingga lebih memilih untuk melaundry pakaian kotor mereka.

Di satu sisi mereka bisa mengamankan waktu untuk aktivitas, di sisi lain juga tidak harus capek-capek mengurus cucian kotor di rumah. Oleh karena itu usaha laundry rumahan masih menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Ada beberapa tips yang bisa kita coba untuk memulai usaha laundry rumahan, antara lain:

Pertimbangkan Modal Usaha yang Kita Punya

Setiap usaha tentu membutuhkan modal awal. Begitu pula dengan bisnis laundry rumahan. Kita perlu mempertimbangkan modal awal yang kita butuhkan untuk memulai usaha laundry rumahan. Dalam hal ini mencakup modal tempat, peralatan, bahan habis pakai, biaya promosi, dan lain sebagainya.

Nah, di artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai modal usaha laundry yang kita butuhkan untuk memulai bisnis tersebut. Dari penjelasan di artikel tersebut dijabarkan mengenai modal tempat, modal peralatan, modal untuk pemasaran. 

Dalam usaha laundry rumahan, yang perlu kita perhatikan tentu saja terkait modal usaha tempat. Mungkin saja kita tidak perlu anggaran biaya sewa tempat, karena kita cukup menggunakan rumah pribadi kita sebagai tempat laundry. Kecuali kalau rumah kita masih sewa atau kontrak ya.

Lakukan Survey Kebutuhan Orang-Orang di Sekitar Kita

Sebelum mulai membuka usaha laundry rumahan, kita perlu melakukan survey terkait kebutuhan orang-orang di sekitar kita. Apakah mereka biasa mencuci baju sendiri ataukah cenderung membutuhkan jasa laundry.

Jika sebagian besar dari mereka membutuhkan jasa laundry, maka bisa dimulai untuk membuka usaha laundry rumahan.  Karena survey ini akan menentukan seberapa besar potensi pasar konsumen jasa laundry kita.

Semakin banyak orang yang butuh jasa laundry, semakin besar peluang pendapatan dari bisnis laundry rumahan yang kita jalankan. 

Lakukan Survey Harga Peralatan Laundry

Survey kedua yang harus kita lakukan adalah mengetahui harga alat-alat laundry. Survey ini untuk memastikan kecukupan modal awal kita untuk memenuhi kebutuhan peralatan laundry. Jika hal ini tidak kita lakukan, bisa jadi kita akan mengalami kesusahan untuk memetakan kebutuhan peralatan yang akan kita beli.

Di artikel sebelumnya kami sudah jabarkan mengenai daftar harga peralatan laundry. Dari penjabaran tersebut kita akan punya gambaran seberapa besar anggaran yang kita butuhkan untuk membeli alat-alat laundry.

Pahami Alat Laundry dan Fungsinya

Sebelum kita beli peralatan laundry, pastikan kita memahami fungsinya. Jangan sampai sudah terlanjur membeli, tapi kita tidak tahu fungsinya. Sehingga bingung ketika hendak menggunakan alat tersebut. Atau asal menggunakannya tanpa aturan sehingga peralatan laundry tersebut jadi cepat rusak. 

Nah, itulah beberapa tips memulai usaha laundry rumahan. Sebenarnya masih banyak tips yang bisa dijabarkan. Silakan tuliskan di kolom komentar jika ada hal-hal yang bisa didiskusikan. [SNs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *