Cara Menentukan Kebutuhan Detergen Laundry

Mengenal Usaha Franchise Laundry
Sabtu, 17 Juli 2021
Ide konsep Desain Laundry yang Menarik
Senin, 19 Juli 2021

Mencuci adalah kegiatan wajib dalam rumah tangga, ada yang mencuci dengan manual menggunakan tangan. Ada juga yang menggunakan mesin cuci karena lebih cepat dan efisien. Tetapi, apakah anda tau cara menghitung kebutuhan detergen laundry saat mencuci? 

Mengetahui cara menghitung kebutuhan detergen laundry  saat mencuci sangatlah penting, karena jika anda asal dalam menggunakan detergen. Selain pemborosan bisa juga menyebabkan kerusakan serat pakaian.

Terlalu banyak penggunaan detergen juga kurang baik, alangkah baiknya anda menyimak berapa takaran yang tepat dalam penggunaan detergen. 

Penggunaan detergen laundry  untuk mesin cuci dapat dilihat sesuai kapasitas mesin cuci. 

Penggunaan detergen untuk mesin cuci dapat dilihat sesuai kapasitas mesin cuci. Selain itu juga dapat diukur sesuai kekotoran pakaian yang di cuci.

Jika mesin cuci yang anda gunakan berkapasitas 5 kg, anda dapat menggunakan patokan takaran ¾ sendok takar untuk tingkat pakaian dengan kekotoran ringan, untuk tingkat pakaian dengan kekotoran sedang, anda bisa menggunakan takaran 1 sendok takar.

Baca juga: Tips Memilih Pewangi Laundry

Nah, untuk tingkat kekotoran pakaian yang sangat kotor, anda bisaa menggunakan 1,5 sendok takar. Nah, berbeda lagi untuk mesin cuci kapasitas 8 kg. Untuk pakaian dengan tingkat kekotoran ringan anda bisa menggunakan detergen dengan takaran 1 sendok takar.

Untuk pakaian dengan tingkat kekotoran sedang anda bisa menggunakan 1,5 sendok takar, pakaian dengan tingkat kekotoran tinggi anda cukup gunakan 2 sendok takar. 

Penggunaan detergen laundry untuk mesin cuci efisien tinggi 

Penggunaan detergen untuk mesin cuci efisien tinggi tidak perlu banyak, karena mesin cuci ini tidak memerlukan detergen. Karena mesin cuci ini lebih banyak menggunakan air daripada detergen, bahkan tidak menambahkan detergenpun tidak masalah.

Mesin cuci efisien tinggi lebih banyak menggunakan air, jadi jika pakaian yang anda cuci sangat kotor. Lebih baik anda menggunakan teknik pra-rendam agar hasilnya maksima, selain itu juga agar tidak terjadi penumpukan detergen. 

Anda cukup menggunakan 1 hingga 1,5 sendok teh atau sendok makan detergen untuk jenis mesin cuci ini, baik detergen bubuk atau cair karena memang mesin cuci ini sangat minim dalam penggunaan detergen. 

Penggunaan detergen laundry  untuk mesin cuci bukaan atas

Penggunaan detergen untuk mesin cuci bukaan atas, tipe mesin cuci ini mudah digunakan dibanding mesin cuci efisien tinggi. Dengan penggunaan air lebih banyak membuat kesalahan anda dalam takaran detergen dapat terselamatkan dengan pengenceran.

Untuk jenis mesin cuci ini takaran yang digunakan 2 sendok makan detergen cair atau 4 sendok makan detergen bubuk. Sesuaikan dengan kelembutan air anda, dengan air yang lembut alami anda dapat mengurangi penggunaan detergen 1-1,5 sendok makan detergen cair dan 2 sendok makan detergen bubuk. 

Untuk tingkat kekotoran pakaian yang tinggi, anda bisa menggunakan lebih banyak detergen. Tetapi jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan kebutuhan anda saja. Tidak terlalu pelit dan juga tidak terlalu banyak. 

Penggunaan detergen laundry untuk mesin cuci bukaan samping 

Penggunaan detergen untuk mesin cuci bukaan samping, tipe mesin cuci ini memiliki daya tampung yang sedikit. Mesin cuci dengan penggulingan horizontal ini membuat mesin cuci ini tidak dapat menggunakan detergen dengan banyak busa.

Baca juga: Perlengkapan Laundry

Karena dapat menyumbat aliran air saat pembersihan kotoran. Daya tampung air mesin cuci ini juga sedikit, maka jika anda menggunakan detergen dengan banyak busa membuat mesin ini sulit membilas pakaian anda.

Membuat busa dan kotoran tertinggal pada pakaian anda, pakaian yang dihasilkan pun tidak maksimal. 

Diatas, adalah beberapa cara menentukan kebutuhan detergen laundry saat mencuci. Penggunaan secara efisien akan membuat usaha laundry anda maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *